Source : hec.edu/ |
Peranan Telematika Dalam Penyampaian Informasi Dalam
Kehidupan Sehari-Hari
Telematika merupakan telekomunikasi, media, informatika,
dimana telematika merupakan penggabungan dari ketiga hal tersebut, sehingga dapat
disimpulkan bahwa telematika merupakan sarana komunikasi jarak jauh yang dapat
mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan yang
mencapai seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, dari pengertian telematika
dapat dikatakan mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses penyampaian
informasi pada kehidupan sehari-hari. Telematika memberikan keuntungan dalam
segi kecepatan pada proses penyampaian informasi, karena dengan adanya
telematika proses pertukaran informasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan
saja.
Contoh telematika dalam bidang pendidikan
:
Pada bidang pendidikan telematika memiliki banyak peranan,
dengan adanya telematika para tenaga pengajar maupun siswa dapat saling
bertukar informasi mengenai materi pembelajaran melalui surat elektronik,
ataupun sistem informasi akademik yang dimiliki oleh universitas. Selain itu
dengan adanya telematika, para siswa dapat melakukan pendalaman materi
pembelajaran dengan cara otodidak atau sendiri, dikarenakan berkat telematika
semua informasi mengenai materi pembelajaran dapat di akses melalui internet. E-Learning
(pendidikan terbuka dengan metode jarak jauh ) yang merupakan salah satu contoh dari berkembangnya
dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang
lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi
telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya. Bentuk telematika
lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory,
e-technology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai
bidangnya.
Komponen-Komponen Yang Menunjang Layanan Telematika
Lingkup
pengkajian Hukum Telematika dapat terbagi dua komponen. Komponen yang pertama berkaitan dengan
komponen yang terkait dengan sistem, misalnya perangkat keras, perangkat lunak,
prosedur, manusia dan informasi.
Komponen yang kedua adalah berkaitan dengan fungsi-fungsi
telekomunikasi, misalnya input, proses, output, penyimpanan, komunikasi. Kedua komponen tersebut dikenal dalam 4
komponen yaitu :
Ø
Content, yaitu substansi dari data yang dapat
merupakan output/input dari penyelenggaraan sistem informasi yang disampaikan
kepada publik.
Ø
Computing, yaitu suatu siste pengolah informasi
yang berbasiskan sistem komputer yang merupakan computer network yang efisien,
efektif dan legal.
Ø
Comunnication, yaitu keberadaan sistem
komunikasi dari sistem interconnection, global interpersonal, computer network.
Ø
Community, yaitu masyarakat sebagai pelaku
intelektual.
Hal-Hal Yang Didapat Dari Perkembangan Layanan
Telematika
Source : utrconf.com |
Perkembangan
layanan telematika tidak selalu positif, melainkan ada juga hal negatif
yang didapatkan karena adanya telematika, berikut contohnya :
Dampak Positif
·
Penghematan biaya
Penghematan biaya
dapat terjadi berkat telematika dikarenakan dengan adanya telematika proses
pengiriman informasi bisa dilakukan secara praktis dan tidak memerlukan
tambahan biaya.
·
Penyebaran informasi merata
Berkat telematika
proses penyebaran informasi terjadi secara merata dan siapa saja dapat
mengakses informasi yang telah di publikasikan tersebut.
·
Mempercepat penyelesaian pekerjaan
Telematika juga membantu
proses penyelesaian pekerjaan menjadi lebih singkat, karena dengan adanya
telematika semua proses pengiriman data dapat dilakukan pada saat itu juga,
serta banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan tanpa harus mengeluarkan tenaga
lebih.
Dampak Negatif
·
Munculnya kejahatan cyber
Kejahatan cyber
dipicu dengan terus berkembangnya telematika, semakin maju telematika maka
semakin banyak pula kejahatan cyber.
·
Konten-konten dewasa yang bisa diakses anak
dibawah umur
Semakin mudahnya
mengakses semua informasi maka membatasi akses terhadap konten-konten dewasa
semakin sulit dilakukan.
·
Profokasi pihak tidak bertanggung jawab
Dengan mudahnya berbagi
informasi melalui internet maka informasi bersifat sara akan semakin banyak dan
dapat menimbulkan profokasi, dan penyalah gunaan informasi.
Menghindari Dampak Negatif Dari Perkembangan
Telematika
Untuk
menghindari dampak negative dari telematika, sebaiknya kita mempunyai kesaradan
atas batasan tertentu dalam penggunaannya. Berikut salah satu saran untuk
menghindari dampak negative telematika :
·
Sesuai kebutuhan
Gunakan telematika
sesuai kebutuhan kita, seperti hanya sekedar mencari informasi yang sedang kita
perlukan. Sehingga tidak mengunjungi atau mendapatkan informasi diluar apa yang
sedang dibutuhkan.
·
Self filtering
Kita diharapkan bisa
menyaring sendiri informasi-informasi yang bertebaran di internet mana yang
boleh kita akses dan mana yang tidak boleh.
·
Waspada dan teliti
Selalu cross check
terhadap semua informasi yang datang dari internet. Informasi belum tentu
benar, bias jadi hanya sekedar kabar burung. Maka dari harus cross check
informasi tersebut sebelum mempercanyainya.
·
Bijak
Telematika hanya sebagai
tool yang mana baik buruknya tergantung dari yang memanfaatkannya. Untuk itu
kita diharapkan bijak saat menggunakan telematika dan jangan menggunakan telematika
untuk melakukan hal yang negative.
Referensi
:
https://www.academia.edu/11859017/ppt_pengantar_telematika
http://www.kukuhadhi.com/blog/2012/11/28/dampak-positif-dan-negatif-perkembangan-telematika/
http://ronnyroberto.blogspot.co.id/2015/10/telematika.html
http://ydcp.blogspot.co.id/2015/10/peranan-telematika.html
bahasan yang berat nih gan...
BalasHapus